Pengertian Sistem Informasi, Tujuan Beserta Komponennya


Pengertian Sistem Informasi

Tahukah kamu apa itu Sistem Informasi??
Mungkin tidak asing lagi yaa di telinga kita, nah pada postingan kali ini bakal membahas tentang pengertian, tujuan dan juga komponen-komponen Sistem Informasi.

Sistem Informasi
Sistem Informasi


Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi untuk menjalankan operasional dan manajemen dari suatu tempat/perusahaan, dimana SI ini merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang-orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasional dan manajemen tersebut.

Tujuan Sistem Informasi

Sesuai dengan namanya yakni Sistem Informasi maka tujuan utamanya adalah untuk menyediakan informasi. Selain itu yang sudah dibahas pada pengertian diatas, bahwa Sistem Informasi juga bertujuan untuk mendukung proses operasional dan manajemen suatu perusahaan. Dan tujuan berikutnya juga membantu dalam membuat atau menentukan suatu keputusan.

Berikut adalah piramida tiga peran penting dari Sistem Informasi :

Tujuan Sistem Informasi
Tujuan Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi


Komponen Sistem Informasi
Komponen Sistem Informasi

Tentu saja Sistem Informasi memiliki komponen-komponen di dalamnya. Apa saja Komponen Sistem Informasi itu?? Komponen Sistem Informasi terdiri dari :
  • Perangkat Keras (Hardware) --> mencakup peranti-peranti fisik, contohnya seperti komputer, printer, dll.
  • Perangkat Lunak (Software) --> merupakan program atau instruksi yang memungkinkan hardware untuk memproses suatu data.
  • Prosedur --> merupakan sekumpulan aturan yang dipakai dalam pemrosesan data dan untuk membangkitkan output yang dikehendaki
  • Orang (Human) --> semua orang yang bertanggung jawab dalam proses, pengembangan serta penggunaan Sistem Informasi.
  • Basis Data (Database) --> merupakan sekumpulan tabel, relasi-relasi, dan lainnya yang berhubungan dengan penyimpanan data.
  • Jaringan dan Komunikasi --> adalah sistem penghubung yang memungkinkan resources dipakai scara bersama oleh sejumlah pemakai.

Mungkin diatas merupakan artikel singkat tentang apa itu Sistem Informasi, apa saja Tujuan dari Sistem Informasi dan terdiri dari Komponen-Komponen apa saja Sistem Informasi itu. Semoga bermanfaat yaaa ^^


=========== THANK YOU ===========

Komentar